Chinese At Indonesia


Please Register for unlimited access on this Forum
Silahkan registrasi untuk akses kedalam forum ini

Dirty words, Porn and racist is not allowed.
bahasa kasar, porno dan rasist tidak diperbolehkan


Regards,


Admin



grup untuk sesama warga chinese di Indonesia dimana pun berada demi membina persahabatan dan kekerabatan
 
IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
Pilih halaman : 1, 2  Next
PengirimMessage
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Sun Jun 05, 2011 11:27 am

Duanwu Jie (Hanzi: 端午節) atau yang dikenal dengan sebutan festival Peh Cun di kalangan Tionghoa-Indonesia adalah salah satu festival penting dalam kebudayaan dan sejarah Cina. Peh Cun adalah dialek Hokkian untuk kata pachuan (Hanzi: 扒船, bahasa Indonesia: mendayung perahu). Walaupun perlombaan perahu naga bukan lagi praktik umum di kalangan Tionghoa-Indonesia, namun istilah Peh Cun tetap digunakan untuk menyebut festival ini.
Festival ini dirayakan setiap tahunnya pada tanggal 5 bulan 5 penanggalan Imlek dan telah berumur lebih 2300 tahun dihitung dari masa Dinasti Zhou. Perayaan festival ini yang biasa kita ketahui adalah makan bakcang (Hanzi: 肉粽, hanyu pinyin: rouzong) dan perlombaan dayung perahu naga. Karena dirayakan secara luas di seluruh Cina, maka dalam bentuk kegiatan dalam perayaannya juga berbeda di satu daerah dengan daerah lainnya. Namun persamaannya masih lebih besar daripada perbedaannya dalam perayaan tersebut.



Asal Usul:
 

Kegiatan dan Tradisi:
 

Jangan lupa tinggalkan komen,hehehe

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
Mr.3D

avatar

Jumlah posting : 211
Level Keaktifan : 976
Reputasi : 21
Join date : 17.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Sun Jun 05, 2011 2:02 pm

selamat hari ikat bakcang...^^ tp sayangnya kluarga wa ga bisa ikat bakcang kali ini...hahhaa lom 100 hr kungkung wafat.. hahha

pasti lg pada makan" nh hari bersama kluarga^^ disini jg nh^^ mantepppp so many sayurrr

_________________


"Never bring a gun or sword to a class, the Lecturer will kill you as soon as possible!"

Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Sun Jun 05, 2011 2:23 pm

oh begitu toh San :)

denger2 ada bbrp jenis org jg pantang makan bakcang yg manis.hehe
laen kali aja makannya,hehe

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
Mr.3D

avatar

Jumlah posting : 211
Level Keaktifan : 976
Reputasi : 21
Join date : 17.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Sun Jun 05, 2011 3:18 pm

wa sih makan dr kiriman org laen^^

_________________


"Never bring a gun or sword to a class, the Lecturer will kill you as soon as possible!"

Kembali Ke Atas Go down
BoYBoYJC

avatar

Jumlah posting : 959
Level Keaktifan : 2098
Reputasi : 88
Join date : 18.05.11
Age : 25

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Mon Jun 06, 2011 6:17 pm

ga ada makan bakcang taon ini sedih

_________________
\" Tell me and I forget, teach me and I remember, involve me and I learn. \"
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Mon Jun 06, 2011 7:56 pm

knp gk ada?beli aje.haha

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
chin_chin

avatar

Jumlah posting : 230
Level Keaktifan : 740
Reputasi : 40
Join date : 15.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Sun Jun 19, 2011 12:55 am

@ Mr.3D: wahhh...senasib qt San..pho2 g jg blm setahun neh..jadi ga boleh bikin..lagian g na jg dsni..ga bakal ad yg bikin...hhehe...


Oia, tau ga???di sini di setiap hari Duan Wu Jie..tepat nya jam 12 siang yaqh...pegang telur dech...trus di taruh di tmp yg kena sinar matahari...
bisa berdiri loh...coba d...thn depan kalo ga percaya bisa di coba..pasti bisa...di sni c gitu...hehhe...tp ga tau ada arti ap?? smiles
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Sun Jun 19, 2011 2:48 pm

@chin gk blh bikin?tp makan blh kan?haha

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
chin_chin

avatar

Jumlah posting : 230
Level Keaktifan : 740
Reputasi : 40
Join date : 15.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Tue Jun 21, 2011 1:46 am

@ Des JUng: pasti boleh lah...aplgi kalo u kasih g..dgn senang hati g abisin des...wkwkwk...btw, soal telur yg bisa berdiri di hr duan wu jie jam 12 siang na..u tau ga knp bisa gitu??? smiles
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Tue Jun 21, 2011 2:01 am

kalo soal telur itu kan karena posisi matahari thd bumi kyknya, di pontianak jg gt. jadi kyk titik kulminasi matahari gitu. gw gk nyobain yg telur berdiri sih :D

haha,emang dsana gk ada yg bikin?aku kemaren dapet bakcang dari bbrp org. ternyata makan bakcang gk harus di duanwu jie :)

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
BoYBoYJC

avatar

Jumlah posting : 959
Level Keaktifan : 2098
Reputasi : 88
Join date : 18.05.11
Age : 25

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Wed Jun 22, 2011 8:09 am

ga tau ada yg jual dimana..

ga sempet nyari..
kerjaaaa sedih

_________________
\" Tell me and I forget, teach me and I remember, involve me and I learn. \"
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Wed Jun 22, 2011 9:09 am

haha,jiayou..
kapan2 aja nyobainnya.

makan bakcang buat formalitas :D

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Sun Jun 26, 2011 1:49 pm

disini rame banget yg main air pas hari peh cun aka kociet
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Sun Jun 26, 2011 11:20 pm

dsana dmn jeff?skw apa jkt?

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Tue Jun 28, 2011 9:35 pm

des_jung wrote:
dsana dmn jeff?skw apa jkt?

di skw bro
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Tue Jun 28, 2011 11:32 pm

di singkawang terasa jg y suasana nya?haha
di ponti uda gk ada yg begitu.
emang mantap skw

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Wed Jun 29, 2011 3:26 pm

des_jung wrote:
di singkawang terasa jg y suasana nya?haha
di ponti uda gk ada yg begitu.
emang mantap skw

disini,tiap duanwu jie,banyak yg pergi main air/mandi hehehe toko2 juga banyak yg libur atau buka setengah hari

di ptk ga ada ya yg main air?
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Wed Jun 29, 2011 10:47 pm

oh ya?kalo di ponti kyknya ada,tapi gk semeriah skw
kalo mandi air perasaan agak jrg gt.ckck

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Thu Jun 30, 2011 4:18 pm

des_jung wrote:
oh ya?kalo di ponti kyknya ada,tapi gk semeriah skw
kalo mandi air perasaan agak jrg gt.ckck

main air pas duanwu jie kan udah jadi tradisi di kalbar hehehe
di artikel yg lo post diatas juga disebutin
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Thu Jun 30, 2011 11:02 pm

harusnya sih gt.
tp suasana singkawang lbh meriah jeff.
ponti mau arak2an naga capgomeh aja diserang FPI.
pernah dgr kasusnya?haha

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Fri Jul 01, 2011 6:47 pm

des_jung wrote:
harusnya sih gt.
tp suasana singkawang lbh meriah jeff.
ponti mau arak2an naga capgomeh aja diserang FPI.
pernah dgr kasusnya?haha

di sungai kapuas ada yg main air???

oh gw tahu kok, tahun lalu ya kejadiannya?? atau 2009 ya??
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Fri Jul 01, 2011 11:35 pm

kyknya pernah ada yg main air,tp skrg uda gk ada kyknya.haha
kyknya 1-2 taun yg lalu,sampe ekor naganya ditebas pake golok.ckck

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Sun Jul 03, 2011 1:59 pm

des_jung wrote:
kyknya pernah ada yg main air,tp skrg uda gk ada kyknya.haha
kyknya 1-2 taun yg lalu,sampe ekor naganya ditebas pake golok.ckck

ada videonya tuh,sampai masuk tv,tapi beritanya udah dipelintir
Kembali Ke Atas Go down
chin_chin

avatar

Jumlah posting : 230
Level Keaktifan : 740
Reputasi : 40
Join date : 15.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Thu Jul 07, 2011 1:34 am

@ Des: kalo di sni mah emang gitu...malah bakcang di jadiin menu sarapan pagi..kalo di indo kan bnr2 hari khusus aj..jarang kalo sengaja bikin gitu...
soal telur pas dsni doank g tau...hehhe...

n ternyata pada saat Duan Wu Jie...posisi matahari it benar2 tepat tengah2 bumi...maka na telur bisa berdiri...tahun dpn cobain d..harus kena sinar na loh... @
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   Thu Jul 07, 2011 9:31 pm

disni hampir tiap hari ada yg jual bacang tapi tetap aja pas harinya baru rame
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang   

Kembali Ke Atas Go down
 

Duan Wu Jie 端午節 / Festival Bak Cang

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 2Pilih halaman : 1, 2  Next

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Chinese At Indonesia :: Serious Talk :: Sejarah, Politik, Hukum, dan Kebudayaan-