Chinese At Indonesia


Please Register for unlimited access on this Forum
Silahkan registrasi untuk akses kedalam forum ini

Dirty words, Porn and racist is not allowed.
bahasa kasar, porno dan rasist tidak diperbolehkan


Regards,


Admin



grup untuk sesama warga chinese di Indonesia dimana pun berada demi membina persahabatan dan kekerabatan
 
IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua   Mon Jun 20, 2011 3:26 am







Berbicara tentang Cina memang selalu menarik. Bolehlah ditiru gaya pemerintah Cina membuat agar rakyatnya menghormati orang tua yang masih hidup. Orang tua berhak melaporkan anaknya ke polisi kalau merasa disia-siakan oleh anaknya. Undang-undang ini adalah salah satu cara tetap menghargai apa yang telah dilakukan oleh orang tua terhadap anak-anaknya.

Lebih dari Undang-Undang

Budaya Cina yang begitu menghormati leluhurnya mungkin sudah dirasakan agak berkurang saat ini. Dengan semakin sibuknya masyarakat Cina berlomba-lomba menghasilkan uang, uang, dan uang, mereka mungkin dianggap lalai dengan orang tua yang mungkin sudah jompo. Pemerintah Cina tak ingin para generasi muda lupa kacang akan kulitnya.

Orang Indonesia suatu saat juga mungkin harus punya undang-undang seperti ini walaupun sebenarnya orang Indonesia sudah mempunyai pegangan yang lebih dari sekadar undang-undang di dunia. Ajaran agama dan ajaran sopan santun telah mengajarkan bagaimana menghargai dan menghormati orang tua.

Anak Satu

Luar biasanya jumlah penduduk Cina selain dipandang sebagai sumber daya manusia pendukung pembangunan, dipandang sebagai kelemahan. Oleh karena itu, pemerintahan Cina menerapkan kebijaksanaan satu anak untuk satu keluarga. Ternyata, kebijaksanaan ini membuat anak-anak tunggal ini dimanja mati-matian oleh orang tua mereka.

Obesitas serta segalanya yang serba cepat dan serba banyak telah membuat para anak tunggal ini memiliki kepribadian yang agak berbeda dengan orang tua mereka. Dalam ranah inilah, pemerintah mengkhawatirkan akan tumbuh anak-anak "Malin Kundang". Untuk mengantisipasi keadaan ke depan, undang-undang anti penelantaran orang tua pun dibuat.

Belajar dari Sejarah

Cina penuh dengan cerita. Bangsa Cina telah mempunyai peradaban selama ribuan tahun lalu. Tak heran bila ada pepatah "belajarlah hingga ke negeri Cina". Pepatah ini bukan bualan. Ilmu orang Cina memang hebat. Tentunya bangsa Cina tak ingin para generasinya lupa dengan hal tersebut. Oleh karena itu, berbagai kegiatan yang akan mengingatkan betapa hebatnya leluhur mereka selalu saja diadakan.

Perhatikanlah film-film produksi orang Cina, selalu ada adegan yang terselip tentang pentingnya belajar dari sejarah. Semua ilmu pengetahuan yang sudah dikuasai Cina sekarang diawali dengan mempelajari ilmu-ilmu yang sudah ada, lalu dikembangkan. Jadi, titik tolak kemajuan itu dimulai dari sejarah masa lampau. Begitulah bangsa Cina mempertahankan dan meningkatkan kemajuan budaya dan kehebatan bangsanya.

Prosesi Pernikahan dan Imlek

Hampir di dalam setiap prosesi ada acara penghormatan kepada leluhur. Misalnya, dalam prosesi pernikahan, kedua pengantin harus melakukan suatu tata cara penghormatan kepada leluhur sebelum melakukan penghormatan kepada orang tua. Keberadaan klenteng, tempat ibadah orang Cina penganut Konghucu sebenarnya juga merupakan tempat penghormatan bagi leluhur. Mereka berdoa kepada leluhur agar membantu menyelesaikan permasalahan dan memberikan kemakmuran.

Filsafat

Bangsa Cina mempunyai banyak filsuf. Salah satunya adalah Konfusius. Ajaran filsafat yang memandang orang dari cara dia menghargai orang lain sangatlah terpatri pada sanubari bangsa Cina walaupun pada praktiknya mereka tetap mementingkan diri sendiri dulu baru orang lain. Belajar dari pengalaman orang lain adalah salah satu cara belajar yang efektif. Inilah salah satu hal yang sangat digemari oleh orang Cina.

Oleh karena itu, mereka harus menghargai orang-orang yang umurnya lebih tua. Orang-orang tua tersebut sudah lebih dahulu melihat dunia dan tentunya dapat bercerita tentang dunia. Dari sinilah, pelajaran kehidupan itu didapatkan.

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
BoYBoYJC

avatar

Jumlah posting : 959
Level Keaktifan : 2098
Reputasi : 88
Join date : 18.05.11
Age : 25

PostSubyek: Re: Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua   Mon Jun 20, 2011 8:19 am

saya menghormati leluhur saya.

tapi agak aneh utk saya jika saya harus menyembah kuburan leluhur saya, demi nilai syaa yg bagus.
x_x

cara menghormati tiap2 orang (saya) mungkin berbeda dg orang chinese kebanyakan x_x

_________________
\" Tell me and I forget, teach me and I remember, involve me and I learn. \"
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua   Mon Jun 20, 2011 12:46 pm

@boyboy agama konghucu ya? kalo gw respect bgt sama leluhur gw,org khek ma tiociu. kalo mempelajari perjalanan panjang mereka bertahan dari zaman ke zaman,salut bener deh.
sama budaya org chinese juga respect sama org yg lbh tua. di indo juga ada nih,ciri khas budaya timur kali ya

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
BoYBoYJC

avatar

Jumlah posting : 959
Level Keaktifan : 2098
Reputasi : 88
Join date : 18.05.11
Age : 25

PostSubyek: Re: Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua   Wed Jun 22, 2011 8:08 am

mksdnya konghucu ?
agama saya begitu ?

yak,
saya jg khek + tiociu
hukum adat berlaku ketat sekali >.<

tp sayang kalo di indo,
org tua ga respect ke yg muda..

dan saya jg begitu..
saya menerapkan 'anda sopan saya pun segan'
>.<

_________________
\" Tell me and I forget, teach me and I remember, involve me and I learn. \"
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua   Wed Jun 22, 2011 9:13 am

iya. sembahyang kubur kan ciri khas agama konghucu.hehe

ya emang sih,karena faktor pengalaman jg,hehe
tar kalo kt uda tua jg pasti tau rasanya :D

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua   Sun Jun 26, 2011 2:18 pm

itu artikel siapa yg nulis,ada malin kundang segala
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua   Sun Jun 26, 2011 11:19 pm

haha,inilah kalo ide2 terjemahan. pasti pake kata yg akrab sama kuping org indo.haha

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua   Tue Jun 28, 2011 9:30 pm

des_jung wrote:
haha,inilah kalo ide2 terjemahan. pasti pake kata yg akrab sama kuping org indo.haha



yg nulis pasti orang Indo
Kembali Ke Atas Go down
chin_chin

avatar

Jumlah posting : 230
Level Keaktifan : 740
Reputasi : 40
Join date : 15.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua   Thu Jul 07, 2011 1:52 am

hMmmm....

tapi bingung jg dech sm org chinese skrg yg bukan beragama BUDHA ato Konghucu...
kepercayaan sama adat kan beda yaqh???

haiyaa...kalo ngomongin soal it panjang ga ad habis na...
tp, w akan selalu megang adat it..jangan sampe putus di generasi qt..
kalo putus, sm seperti air lupa sumber na... smile
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua   

Kembali Ke Atas Go down
 

Penghormatan pada Leluhur dan Orang Tua

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Chinese At Indonesia :: Serious Talk :: Sejarah, Politik, Hukum, dan Kebudayaan-