Chinese At Indonesia


Please Register for unlimited access on this Forum
Silahkan registrasi untuk akses kedalam forum ini

Dirty words, Porn and racist is not allowed.
bahasa kasar, porno dan rasist tidak diperbolehkan


Regards,


Admin



grup untuk sesama warga chinese di Indonesia dimana pun berada demi membina persahabatan dan kekerabatan
 
IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Tentang HIO

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Tentang HIO   Wed Jun 29, 2011 12:05 pm

Spoiler:
 

Ini pertanyaan bagus dan juga memberikan kesempatan kepada saya untuk menjelaskan bahwa hio tidak lekat dengan unsur religius, hio bukan sebuah produk agama, melainkan sebuah produk budaya.

Hio sebagai wangi2an saya ketahui pertama kali tercatat dalam sejarah adalah di zaman Konfusius, di zaman tersebut kelas2 menggunakan harum2an untuk mengusir rasa kantuk dan menambah semangat belajar serta konsentrasi. Jadi itu semacam terapi aroma. Waktu itu tentu bentuknya bukan hio batangan seperti sekarang ini. Pernah lihat film2 serial kuno zaman Qin atau Han atau bahkan Samkok? Di sana sering kita lihat ada sebuah tempat untuk membakar bubuk untuk pengharum ruangan. Deskripsi film2 tersebut adalah sangat mendekati keadaan yang sebenarnya.

Untuk kemudian dikarenakan hio telah erat berkaitan dengan kehidupan sehari2 leluhur orang Tionghoa di zaman tersebut, kaum agamawan dan penganut kepercayaan tradisional juga mengadopsi produk budaya ini ke dalam ritual keagamaan mereka. Hio dianggap cocok sebagai simbol penghormatan pernah dijelaskan sebelumnya di sini adalah karena asap yang mengepul selalu mengarah ke atas dan menandakan niat penghormatan kita akan terbawa bersama asap ke atas.

OOT, Hong Kong mendapat namanya "Hong Kong" karena kaitannya dengan hio juga. Di zaman Ming, Hong Kong itu adalah penghasil kayu gaharu yang digunakan untuk membuat hio. Kayu2 gaharu tadi diangkut dengan kapal dari pelabuhan Hong Kong ke pelabuhan Guangzhou, lalu diangkut ke seluruh pelosok Tiongkok. Untuk itu daerah Hong Kong saat itu kemudian mendapat nama "Xiang Jiang", lalu "Xiang Gang" yang artinya "Pelabuhan Harum". Dalam dialek Kanton, lafalnya adalah "Hoeng Kong". Orang Inggris kemudian mengambil lafal tadi dan menjadikannya sebagai nama internasional Hong Kong.

Saya sering mendapat pertanyaan dari teman2 Tionghoa yang beragama Kristen apakah setelah menganut agama Kristen masih boleh memegang hio atau tidak. Saya jawab dari sudut sejarah sih tidak ada alasan logis untuk mengharamkan pemakaian hio, semuanya tergantung dari persepsi dan pemahaman kita sendiri. Setahu saya sih, kitab suci tidak pernah melarang dan mengatur2 masalah ini.

Dulu, di zaman Qing di Tiongkok, seluruh orang Tionghoa penganut Kristen maupun Katolik tidak punya sedikit masalahpun akan hio. Waktu itu, di zaman pemerintahan Kangxi, kaum Yesuit adalah kelompok misionaris yang paling berpengaruh karena Kangxi sangat mempercayai mereka. Kangxi juga meminta mereka mengajarkan teknologi2 yang dianggap baru bagi Tiongkok. Misionaris terkenal pada waktu itu semisal Ferdinand Verbiest, Antoine Thomas dan Thomas Pereira. Mereka dapat keluar masuk istana sesuka hati.

Namun, kemudian Paus di Roma mengeluarkan "fatwa" supaya para misionaris jangan sampai membiarkan "racun2" budaya Tionghoa memasuki ritual2 keagamaan Kristen di Tiongkok. Dalam pada ini salah satu yang paling penting adalah larangan memegang hio. Kangxi marah dan mengusir seluruh misionaris yang ada di Beijing dan mengeluarkan ultimatum hanya misionaris2 yang menghormati dan menerima Konfusianisme dapat meneruskan misi mereka di Tiongkok. Sikap Paus kemudian melunak dan mencabut larangan tersebut.

Nah, dari sini sudah sangat jelas bahwa yang memutuskan segalanya tetap hanyalah manusia2 yang kebetulan kita anggap sebagai manusia yang punya kedudukan lebih tinggi di mata Tuhan. Bagaimanapun mereka tetap manusia, bukan Tuhan atau agama itu sendiri. Saya sering mengatakan bahwa ada 2 macam umat beragama, yang "rasional skeptis" dan yang "seperti kerbau dicucuk hidungnya". Beragama adalah sebuah hak, bukan kewajiban dan untuk itu kita berhak memilih apakah akan menjadi seorang agamis yang rasional skeptis, atau yang seperti kerbau dicucuk hidung yang menelan mentah2 apa yang dikatakan oleh orang2 yang kita tinggikan.

Saya jamin, kalau Yesus Kristus dan agama Kristen itu asalnya dari Tiongkok, sekarang di gereja2 di seluruh dunia akan penuh dengan asap dari hio. Karena sebuah agama lahir dari kebudayaan yang melatar-belakangi-nya serta akan mengadopsi ritual budaya yang lebih lanjut akan menjadi identik dengan ritual keagamaan agama tersebut.

Author Rinto Jiang


Terakhir diubah oleh BojepJoe tanggal Thu Jun 30, 2011 9:00 pm, total 1 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Wed Jun 29, 2011 3:43 pm

ini artikel copas kan? dicantumin link asalnya donk

btw,jadi ingat film ip man 2,waktu petinju bule nyalain hio besar trus ngebacot trus donnie yen muncul dengan kerennya untuk ngebalas bacotannya
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Wed Jun 29, 2011 7:56 pm

wkwkwk iya lupa, tapi semua yg disni juga kbnykan copas ga pake link tuh.. Very Happy
kalo yg aladin tuh asli gw yg edit sendiri. hehe Smile

tuh bulenya lebay abis ah.. tapi itu hionya buat batas waktu kan ya?
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Wed Jun 29, 2011 8:33 pm

BojepJoe wrote:
wkwkwk iya lupa, tapi semua yg disni juga kbnykan copas ga pake link tuh..
kalo yg aladin tuh asli gw yg edit sendiri. hehe

tuh bulenya lebay abis ah.. tapi itu hionya buat batas waktu kan ya?

sebaiknya kalau copas,sertain linknya hehehe
oww bagus itu hehehe

ia,sekalian ngolok2 juga sih
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Wed Jun 29, 2011 8:43 pm

iya pas si bule ngomong ngerti, pas si yipmannya ngomong ga ngerti; subtitle kaga bener..
tapi itu si bulenya ngapain tarung pake sarung tinju ya? si yipman aja barehand.. Razz
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Wed Jun 29, 2011 11:05 pm

alasan pertama karena kebudayaan itu alasan yg bisa diterima. dupa memang punya wewangian untuk menghilangkan rasa kantuk/aroma teraphy.
tp di sisi lain,dupa/hio emang dipercaya sbg makanan makhluk2 tak berwujud. dipakai dalam ritual mistis dan terkenal ampuh.
nah berhubung si penanya punya anggapan ttg mistis. emang gk banyak hal yg bisa dijelaskan dari metafisika.

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Wed Jun 29, 2011 11:10 pm

Hampir semua orang Tionghoa tahu apa itu Dupa/Hio karena setiap ritual persembahyangan yang dilakukan selalu menggunakan benda yang 1 ini. Bahkan pernah saya mengdengar seorang sesepuh berkata, "Kalau tidak mau memegang dan tidak tahan dengan bau Dupa/Hio janganlah jadi orang Tionghoa." Namun tahukah anda makna yang tersirat dari penggunaan Hio didalam ritual persembahyangan tersebut. Berikut sedikit penjelasan tentang makna dari Hio, jenis-jenisnya, dan cara penggunaannya.

Hio artinya harum. Yang dimaksud harum disini ialah Dupa, yaitu bahan pembakar yang dapat mengeluarkan asap berbau sedap/harum. Dupa yang dikenal pada jaman Nabi Khongcu (Kongzi) berwujud bubuk atau belahan kayu, misalnya : Tiem Hio (Cheng Xiang), Bok Hio (Mu Xiang)/Gaharu, Than Hio (Tan Siang)/Cendana dan lain-lain.

Makna dan Kegunaan

Membakar dupa/hio mangandung makna :
- Jalan Suci itu berasal dari kesatuan hatiku. (Dao You Xin He)
- Hatiku dibawa melalui keharuman dupa. (Xin Jia Xiang Chuan)

Selain itu dupa juga berfungsi untuk:
- Menenteramkan pikiran, memudahkan konsentrasi, meditasi. (seperti aroma therapy pada jaman sekarang)
- Mengusir hawa atau hal-hal yang bersifat jahat.
- Mengukur waktu : terutama pada jaman dahulu, sebelum ada lonceng atau jam. (seperti pada saat duel di film-film kungfu)


Macam-macam Dupa/Hio (klik gambar untuk memperbesar)

1. Dupa yang bergagang Hijau



Gunanya khusus untuk bersembahyang di depan jenasah keluarga sendiri atau dalam masa perkabungan.

2. Dupa yang bergagang Merah





Gunanya untuk bersembahyang pada umumnya. (contoh : ke altar Tian/Tuhan, altar Nabi, Shen Ming (para suci), dan leluhur)

3. Dupa yang tidak bergagang, berbentuk piramida, bubukan dsb-nya



Gunanya untuk menenteramkan pikiran, mengheningkan cipta, mengusir hawa jahat; dinyalakan pada Swan Lo (Xuan Lu)/tempat dupa --> tidak sama dengan tempat menancapkan dupa.(gambar menyusul)

4. Dupa yang berbentuk spiral, seperti obat nyamuk.



Hanya untuk bau-bauan. Sering ditemui ketika upacara perkabungan.

5. Dupa besar bergagang panjang (Kong Hio/Gong Xiang)



Gunanya khusus untuk upacara sembahyang besar.

6. Tiang Siu Hio/Chang Shou Xiang



Dupa tanpa gagang, panjang lurus, dibakar pada kedua ujungnya. Gunanya untuk bersembahyang kepada Tuhan atau untuk dipasang pada Swan Lo (Xuan Lu)

Ketentuan Jumlah/Penggunaan Dupa

1. Dupa yang bergagang Hijau

2 batang : digunakan untuk menghormat jenasah keluarga sendiri atau kehadapan altarnya yang masih belum melampaui masa berkabung atau belum lewat sembahyang Tai Siang/Da Xiang (sembahyang 3 tahun). Boleh juga dipakai satu batang saja.

2. Dupa yang bergagang Merah

1 batang : dapat digunakan untuk segala upacara sembahyang; bermakna memusatkan pikiran untuk sungguh-sungguh bersujud.

2 batang : untuk menghormat kepada arwah orang tua/yang meninggalnya telah melampaui 2 x 360 hari/setelah sembahyang Tai Siang; atau ke hadapan altar jenasah bukan keluarga sendiri. Mengandung makna : ada hubungan Iem Yang atau Negatif dan Positif, ada hubungan duniawi.

3 batang : untuk bersembahyang kepada Tuhan Yang Maha Esa/Nabi/Para Suci.

4 batang : sama makna dengan 2 batang.

5 batang : untuk menghormat arwah umum, umpamanya pada sembahyang bulan VIII Imlek(Yin Li) : sembahyang King Hoo Ping (Jing He Ping). Mengandung makna melaksanakan Lima Kebajikan (Ngo Siang/Wu Chang)

8 batang : sama guna dengan 2 batang, khusus untuk upacara kehadapan jenasah oleh Pimpinan Upacara dari Majelis Agama (MAKIN). Mengandung makna Delapan Kebajikan.

9 batang : untuk bersembahyang kepada Tuhan Yang Maha Esa/Nabi/Para Suci.

1 pak : Boleh sebagai pengganti 9 batang atau 1 batang; ini kurang/tidak perlu.


Cara Menancapkan Dupa

1. Untuk 2 batang dupa

Langsung ditancapkan sekaligus, setelah dinaikkan 2 kali. Ini juga berlaku untuk 4 atau 8 batang.

2. Untuk 3 batang dupa



berlaku juga di Hio Lo berbentuk
bulat
Hio pertama ditancapkan di tengah-tengah, hio kedua ditancapkan disebelah kiri (ditinjau dari altar), hio ketiga ditancapkan disebelah kanan. (lihat gambar)

3. Untuk 5 batang dupa



a. Pada tempat menancapkan dupa (Hio Lo/Xiang Lu) yang berbentuk bulat, 5 batang dupa itu ditancapkan sbb (ditinjau dari altar):

- dupa pertama : tengah-tengah
- dupa kedua : kiri (dalam)
- dupa ketiga : kanan (dalam)
- dupa keempat : kiri (luar)
- dupa kelima : kanan (luar)

b. Pada tempat dupa yang bentuknya persegi panjang. 5 batang dupa itu ditancapkan seperti pada penancapan 3 batang, ditambah dengan dupa keempat disebelah kiri dupa kedua dan dupa kelima di samping kanan dupa ketiga.



4. Untuk 9 batang dupa

Cara menancapkan seperti pada penancapan 3 batang, dinaikkan 3 kali dan tiap kali ditancapkan 3 batang dupa.


Catatan : untuk setiap penancapan dupa selalu menggunakan tangan kiri

Penjelasan : Didalam prinsip-prinsip ajaran yang terdapat di Kitab Ya King (I-Ching) yang menguraikan tentang garis-garis Pat Kwa (Ba Gua), dinyatakan kiri ialah melambangkan unsur Yang atau Positif, dan kanan melambangkan unsur Yin atau Negatif. Maka untuk hal-hal yang bersifat seperti menancapkan dupa, wajib menggunakan tangan kiri. Ada keterangan lain yang peninjauannya secara anatomis (untuk diketahui saja):
Jantung atau Siem (Xin) kita ada disebelah kiri, menancapkan dupa adalah hal kesujudan hati/Siem (jantung), maka digunakanlah tangan kiri.

Fakta tambahan : coba lihat lintasan lari di stadion pasti mengarah kekiri atau lihat atraksi "roda gila" pasti pemainnya muter ke arah kiri.

Warna dupa dari hio tersebut tergantung dari bahan baku yang dipakai karena pada dasarnya bahan dupa terutama terdiri dari serbuk kayu jati yang dihaluskan sebagai bahan dasar dan perekat dari tepung tapioka yang di campur dengan parfum dan pewarna (untuk dupa kualitas rendah) atau bahan ramuan kayu wangi dan rempah alami (gubal kayu gaharu, cendana, kulit langsat yang dikeringkan, kayu cedar - cemara merah, kayu manis, serbuk bunga yang dikeringkan, kulit jeruk dan kayu aromatik lainnya) dan resin wangi alami seperti kemenyan, getah damar wangi, getrah gaharu pekat, kesturi (kelenjar wangi dari hewan semacam musang dan menjangan), dan onem (bagian dari penutup siput laut) untuk hio berkualitas bagus dan mahal harganya.

Khusus untuk hio kualitas rendah (walau tak selalu murah harganya), sering di celup dalam pewarna untuk menambah penampilan dan daya jual (dupa India memakai resin petroleum dan getah serta parfum yang menimbulkan sesak napas dan batuk).

Hio berkualitas tinggi wajarnya tidak dicelup sepuhan pewarna karena akan merubah aroma asli dupa. Dupa yang di celup biasanya diberi parfum pewangi yang berbau keras menyengat, sedangkan ciri dupa berkualitas tinggi, harumnya tidak keras, tidak menimbulkan rasa sesak dan batuk, tetapi harumnya yang halus dapat bertahan lama dan menempel serta dapat tercium dari jarak yang jauh sekali. Dupa berkualitas tinggi biasa juga dipakai untuk terapi aroma.

Ditradisi lain seperti di Jepang, Korea, India, Bali dupa dibuat berwarna-warni tanpa ada signifikan arti tertentu.

sumber : SGSK XXVIII No 4-5 Tata Agama dan Tata Laksana Upacara Agama Khonghucu, MATAKIN

_________________
Engineered For Freedom!


Terakhir diubah oleh des_jung tanggal Wed Jun 29, 2011 11:18 pm, total 2 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Wed Jun 29, 2011 11:14 pm

des_jung wrote:
alasan pertama karena kebudayaan itu alasan yg bisa diterima. dupa memang punya wewangian untuk menghilangkan rasa kantuk/aroma teraphy.
tp di sisi lain,dupa/hio emang dipercaya sbg makanan makhluk2 tak berwujud. dipakai dalam ritual mistis dan terkenal ampuh.
nah berhubung si penanya punya anggapan ttg mistis. emang gk banyak hal yg bisa dijelaskan dari metafisika.

hah serius roh alus makanannya dupa? br tau wew... kalo dupa sekarang btknya beda sama hio batangan kan?
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Wed Jun 29, 2011 11:16 pm

hio itu emang sama dgn dupa koq jep.
kalo kemenyan dibuat dgn bahan yg berbeda. dgn efek yg sama.
maka dari itu hio gk bisa di bakar di sembarang tempat

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Thu Jun 30, 2011 4:59 pm

@jep donnie yen ngejawab tantangan bule dan jelasin arti hio dalam kultur Chinese

===

kadang kalau sembahyang di kelenteng sering bingung sendiri mesti gimana nancapin hionya,altar dan tempat hionya kan banyak,padahal terserah kita aja mau kayak gimana hehehe,bagusnya sih satu tempat hio 1 hio cmiiw

maklum jarang sekali sembahyang
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Thu Jun 30, 2011 11:01 pm

sebenarnya sih ada aturannya..
tp mending kyk si jeff daripada gk sama sekali :D

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Fri Jul 01, 2011 6:48 pm

des_jung wrote:
sebenarnya sih ada aturannya..
tp mending kyk si jeff daripada gk sama sekali :D

gk sama sekali gimana?
Kembali Ke Atas Go down
JacQ

avatar

Jumlah posting : 216
Level Keaktifan : 470
Reputasi : 54
Join date : 15.05.11
Age : 21

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Fri Jul 01, 2011 8:52 pm

Baru tau ada cara masang nya juga.. biasa cuman asal nancep
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Fri Jul 01, 2011 11:34 pm

@jeff gk pergi sembahyang sama sekali maksudnya :)

@jacq itu sih cuman formalitas aja. tp warna hio dan bentuk hio emang musti dibedain

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
JacQ

avatar

Jumlah posting : 216
Level Keaktifan : 470
Reputasi : 54
Join date : 15.05.11
Age : 21

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Fri Jul 01, 2011 11:37 pm

@ko des: oooo hahah dikira mesti gitu soalnya biasanya nancep semuanya lgsn
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Sun Jul 03, 2011 1:58 pm

des_jung wrote:
@jeff gk pergi sembahyang sama sekali maksudnya :)

@jacq itu sih cuman formalitas aja. tp warna hio dan bentuk hio emang musti dibedain

ya gw sembahyang di kelenteng juga jarang banget,bisa dihitung pakai jari dalam beberapa tahun ini
Kembali Ke Atas Go down
chin_chin

avatar

Jumlah posting : 230
Level Keaktifan : 740
Reputasi : 40
Join date : 15.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Thu Jul 07, 2011 1:46 am

jgn lupa...

nancepin na bagus na pake tangan kiri...
knp pake tangan kiri???
krna orang chinese beranggapan...
tangan kiri it lebih suci dr pada tangan kanan...knp???
karena setiap mengerjakan sesuatu qt selalu menggunakan tangan kanan..jgn kan mengerjakan sesuatu..kadang ketika qt memukul ato berbuat jahat...selalu pake tangan kanan..
so, ketika qt selesai berdoa, baik it memohon ato bersyukur..ketika mencapkan dupa it dgn tangan kiri sebagai simbol..bahwa qt mau bertobat dgn tangan ini...

NB: kalo ga slh..n berdasarkan yg g denger2 dr para sespuh yg mengerti byk tentang adat istiadat chinese... Smile



Btw, keren topic in..bisa berguna utk temen2 g yg chines n sedikit fanatik dgn budaya na ndri... smile
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Thu Jul 07, 2011 9:40 pm

baru tahu saia,biasanya pakai tangan kanan
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Thu Jul 07, 2011 11:15 pm

@chinthia kan uda gw sebutin di atas,nancepinnya pake tangan kiri.haha

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
chin_chin

avatar

Jumlah posting : 230
Level Keaktifan : 740
Reputasi : 40
Join date : 15.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Fri Jul 08, 2011 1:36 am

wkwwkwk...jadi malu...
ketawan dah ga bener2 baca semua,,ga nyimak n teliti... study
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Fri Jul 08, 2011 7:00 pm

saia juga
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Fri Jul 08, 2011 10:54 pm

santai aja,namanya jg artikel panjang.haha

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
kwang

avatar

Jumlah posting : 277
Level Keaktifan : 1169
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 30

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Fri Jul 08, 2011 11:20 pm

ini benar2 menambah pengetahuan
Kembali Ke Atas Go down
elisabeth_aiko

avatar

Jumlah posting : 139
Level Keaktifan : 349
Reputasi : 11
Join date : 18.05.11
Age : 22

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Sat Jul 16, 2011 11:54 pm

des_jung wrote:
@jeff gk pergi sembahyang sama sekali maksudnya :)

@jacq itu sih cuman formalitas aja. tp warna hio dan bentuk hio emang musti dibedain

kalo beda warna emang knapa ko?
pengaruhnya apa ya?
trs klo hio itu buat nenangin pikiran kan, apa ngga datengin makhluk" ya?
klo nyium bau hio aku biasae merinding soale ><
Kembali Ke Atas Go down
red_saucer

avatar

Jumlah posting : 17
Level Keaktifan : 50
Reputasi : 4
Join date : 17.06.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Tentang HIO   Mon Jul 25, 2011 10:06 pm

BojepJoe wrote:


Saya jamin, kalau Yesus Kristus dan agama Kristen itu asalnya dari Tiongkok, sekarang di gereja2 di seluruh dunia akan penuh dengan asap dari hio. Karena sebuah agama lahir dari kebudayaan yang melatar-belakangi-nya serta akan mengadopsi ritual budaya yang lebih lanjut akan menjadi identik dengan ritual keagamaan agama tersebut.


Masuk akal, banyak orang tidak bisa berpikir "out of the box".
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Tentang HIO   

Kembali Ke Atas Go down
 

Tentang HIO

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Chinese At Indonesia :: Serious Talk :: Sejarah, Politik, Hukum, dan Kebudayaan-