Chinese At Indonesia


Please Register for unlimited access on this Forum
Silahkan registrasi untuk akses kedalam forum ini

Dirty words, Porn and racist is not allowed.
bahasa kasar, porno dan rasist tidak diperbolehkan


Regards,


Admin



grup untuk sesama warga chinese di Indonesia dimana pun berada demi membina persahabatan dan kekerabatan
 
IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sat Jul 09, 2011 9:25 am

- Lao Pe 老父, Pa Pa 爸爸, A Pa 阿爸, A Tia 阿爹 (Ayah)
- Lao Bu 老母, Ma Ma 媽媽, A Bu 阿母, A Nia 阿娘 (Ibu)
- Pe Bu 父母 (Orang tua)
- Chin Ke 親家 (Besan Lelaki)
- Chin M 親姆 (Besan Perempuan)
- Tniu Lang 丈人 (Mertua Lelaki), Ta Knua 大官/唐官 (Mertua Lelaki)
- Tniu M 丈姆 (Mertua Perempuan), Ta Ke 大家/唐家(Mertua Perempuan)
- Sim Pu 新婦 (Menantu Perempuan)
- Knia Sai 囝婿 (Menantu Lelaki)
- A Kong 阿公, An Kong 安公, Gua Kong 外公 (Kakek)
- A Ma 阿媽, An Ma 安媽, Gua Ma 外安 (Nenek)
- Ang 翁, Ang Sai 翁婿 (Suami)
- Bou 某 (Istri)
- A Yi 阿姨, Yi Yi 姨姨 (Bibi)
- A M 阿姆, Tua M 大姆 (Bibi, Bude)
- A Ku 阿舅 (Paman)
- A Peq 阿伯, Tua Peq 大伯 (Paman, Pakde)
- Tua Hnia 大兄, A Hnia 阿兄, Tua Ko 大哥, Ko Ko 哥哥 (Kakak Lelaki)
- Tua Ci 大姐, A Ci 阿姐, Ci Ci 姐姐 (Kakak Perempuan)
- Tua Han Knia 大漢囝 (Anak Sulung)
- Hao Sni 孝生 (Anak Lelaki)
- Ca Bou Knia 查某囝 (Anak Perempuan)
- Tua So 大嫂, A So 阿嫂 (Kakak Ipar)
- Ci Hu 姐夫 (Kakak Ipar)
- Gua Ka Ki 我自己 (Saya)
- Be Sai 妹婿 (Adik Ipar)
- Sio Be 小妹 (Adik Perempuan)
- Sio Ti 小弟 (Adik Lelaki)
- Kim A 妗仔 (Adik Ipar)

Penjelasan

Spoiler:
 

semoga bermanfaat Very Happy

author liao kinghian & other sources


Terakhir diubah oleh BojepJoe tanggal Mon Jul 18, 2011 4:01 pm, total 2 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
elisabeth_aiko

avatar

Jumlah posting : 139
Level Keaktifan : 349
Reputasi : 11
Join date : 18.05.11
Age : 22

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sat Jul 09, 2011 12:15 pm

hokkien punya yaa??
ga ngerti blass
hahaha ><
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sat Jul 09, 2011 1:55 pm

panggilan untuk adik dan kakak perempun ayah apa???
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sat Jul 09, 2011 2:09 pm

bljr hokkien emang rada susah kalo gk dibiasain dari kecil.
tp sadar gk sadar ternyata bhs hokkien itu banyak diserap oleh bhs indo.hehe

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sat Jul 09, 2011 3:03 pm

des_jung wrote:
bljr hokkien emang rada susah kalo gk dibiasain dari kecil.
tp sadar gk sadar ternyata bhs hokkien itu banyak diserap oleh bhs indo.hehe

dialek lain rasanya juga gitu,kalau belajar pas udah gede suka kebentur di lidah Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sat Jul 09, 2011 4:21 pm

jeff rizuki wrote:
panggilan untuk adik dan kakak perempun ayah apa???

ada di spoiler.. ditambahin 'ko', depannya sesuai urutan. Smile

iya ternyata kata gua, engkong, ema juga serapan dari hokkien. gw kira itu betawi.. Wink
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sat Jul 09, 2011 6:50 pm

elisabeth_aiko wrote:
hokkien punya yaa??
ga ngerti blass
hahaha ><

hehe saia juga ga ngerti kok, cuma panggilan2 ini kan sering denger di rumah. memang elis gak manggil kyk gitu? biasanya sby banyakan hokkien.. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
windi juniensia

avatar

Jumlah posting : 61
Level Keaktifan : 111
Reputasi : 0
Join date : 26.06.11
Age : 24

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sat Jul 09, 2011 10:41 pm

-gua mbek ciak (saya mau makan)
-gua mbek tui (saya mau pulang)
-li mbo ciak? (kamu tidak makan?)
-ya mbe gun? (belum tidur?)


hehehe..
cm bisa segni aj..
bkn panggilan,se..
kata2 sehari-hari aj yg aq tw..
Kembali Ke Atas Go down
elisabeth_aiko

avatar

Jumlah posting : 139
Level Keaktifan : 349
Reputasi : 11
Join date : 18.05.11
Age : 22

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sun Jul 10, 2011 1:29 pm

BojepJoe wrote:
elisabeth_aiko wrote:
hokkien punya yaa??
ga ngerti blass
hahaha ><

hehe saia juga ga ngerti kok, cuma panggilan2 ini kan sering denger di rumah. memang elis gak manggil kyk gitu? biasanya sby banyakan hokkien.. Very Happy

aku g pernah pake bhs mandarin d rmh
palingan klo ngomongin duit baru pake mandarin
hahaha Cool
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sun Jul 10, 2011 1:44 pm

elisabeth_aiko wrote:
BojepJoe wrote:
elisabeth_aiko wrote:
hokkien punya yaa??
ga ngerti blass
hahaha ><

hehe saia juga ga ngerti kok, cuma panggilan2 ini kan sering denger di rumah. memang elis gak manggil kyk gitu? biasanya sby banyakan hokkien.. Very Happy

aku g pernah pake bhs mandarin d rmh
palingan klo ngomongin duit baru pake mandarin
hahaha Cool

hehe ini kan bukan mandarin Very Happy
mandarin mah lebih gak ngerti lagi.. kalo yg duit itu juga keknya bukan mandarin.. Smile

emg kalo keluarga manggilnya apa gt? paman misalnya?
Kembali Ke Atas Go down
st_fanuc

avatar

Jumlah posting : 76
Level Keaktifan : 143
Reputasi : 8
Join date : 08.06.11
Age : 29

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Wed Jul 13, 2011 2:15 pm

tua peq, tua ko, a hia...bbrp hampir mirip yah ama teochew~
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Wed Jul 13, 2011 9:24 pm

st_fanuc wrote:
tua peq, tua ko, a hia...bbrp hampir mirip yah ama teochew~

bahasa hokkian dan tiochiu mank mirip,setahu saia bahasa tiociu itu "gabungan" antara bahasa hokkian dan canton cmiiw

_________________
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Thu Jul 14, 2011 4:26 pm

kyknya itu emg teochew bukan hokkien. haha Wink
tapi emg toechew ma hokkien masih deket. klasifikasinya juga sama; southern min / minnan. sama hoklo juga mirip. kalo hakka sama canton kan berdiri sendiri..
mungkin gabungan canton ma hokkien karena persebarannya banyak di guandong mungkin ya or tiocu.. Cool
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Thu Jul 14, 2011 4:34 pm

BojepJoe wrote:
kyknya itu emg teochew bukan hokkien. haha
tapi emg toechew ma hokkien masih deket. klasifikasinya juga sama; southern min / minnan. sama hoklo juga mirip. kalo hakka sama canton kan berdiri sendiri..
mungkin gabungan canton ma hokkien karena persebarannya banyak di guandong mungkin ya or tiocu..

ia,dari yg gw baca2 juga gt btw hoklo dan hokkian beda lagi?

_________________
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Thu Jul 14, 2011 4:52 pm

eh sebenernya sama juga sih hoklo dan hokkien. tapi org yg ngomong teochew dan hainan juga bisa dibilang hoklo. haha bingung..
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sun Jul 17, 2011 10:22 am

BojepJoe wrote:
eh sebenernya sama juga sih hoklo dan hokkien. tapi org yg ngomong teochew dan hainan juga bisa dibilang hoklo. haha bingung..

jadi hoklo tuh sebutan untuk semua yg pakai bahasa min ya???

_________________
Kembali Ke Atas Go down
silvia wijaya

avatar

Jumlah posting : 13
Level Keaktifan : 35
Reputasi : 0
Join date : 22.05.11

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sun Jul 17, 2011 3:42 pm

ada jg panggilan ku ku
biasa digunakan kl anak manggil sodara sepupu yg perempuan dr papanya

kl dr pihak ibu laen panggilannya kl dr pihak ayah jg laen panggilan nya...
panggilannya banyak kdg bikin pusing mau manggil apa
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sun Jul 17, 2011 4:21 pm

jeff rizuki wrote:
BojepJoe wrote:
eh sebenernya sama juga sih hoklo dan hokkien. tapi org yg ngomong teochew dan hainan juga bisa dibilang hoklo. haha bingung..

jadi hoklo tuh sebutan untuk semua yg pakai bahasa min ya???

ya secara luasnya gitu..

@silvia itu hokkien kah?
setau gw a ku / eng ku buat paman. tapi emg kebanyakan sih gw juga bingung. Smile
Kembali Ke Atas Go down
franse



Jumlah posting : 3
Level Keaktifan : 3
Reputasi : 0
Join date : 18.07.11

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Mon Jul 18, 2011 12:23 pm

kalo buat bahasa ke bisa boz??
hehehehe
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Mon Jul 18, 2011 4:06 pm

franse wrote:
kalo buat bahasa ke bisa boz??
hehehehe

gak tanya jeff kyknya bisa tuh. Very Happy
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Mon Jul 18, 2011 6:49 pm

nanti hakka saia coba post disini

_________________
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sun Jul 24, 2011 2:31 pm

untuk yg hakka (versi hakka singkawang setahu saia )

ayah= apak
mama= amak

biasanya panggil pak atau mak gitu

adik/kakak laki2 dari ibu= akhiu (bacanya kira2 a+q gitu)
adik/kakak laki2 dari ayah= asuk
adik/kakak perempuan dari ibu= ai
adik/kakak perempuan dari ayah= aku

kakak laki2 = ako
kakak perempuan = ce2
adik laki2/perempuan= manggil namanya

segini dulu cmiiw

_________________
Kembali Ke Atas Go down
silvia wijaya

avatar

Jumlah posting : 13
Level Keaktifan : 35
Reputasi : 0
Join date : 22.05.11

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Wed Jul 27, 2011 9:50 pm

@ bojepjo : soalnya aku disini di panggil ku ku kok sama keponakan ku ada juga se manggil nya ko ko..
macam2 d hahahaha....
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   Sat Jul 30, 2011 9:18 pm

jeff rizuki wrote:
st_fanuc wrote:
tua peq, tua ko, a hia...bbrp hampir mirip yah ama teochew~

bahasa hokkian dan tiochiu mank mirip,setahu saia bahasa tiociu itu "gabungan" antara bahasa hokkian dan canton cmiiw

berhubung tiociu itu bahasa yg gw pake sejak kecil,
setelah bicara lama,sering ngerasa tiociu dan hokkien/fujian itu sebenarnya dari bahasa yg sama.
tp dengan logat yang lbh ke arah guangdong/kanton (kalo soal terdengar kyk bahasa kanton ini komentar org2 taiwan. mrk kan ngmng taiwanese hokkien dan mereka ngerti dikit2 pas gw ngmng tiociu ma temen)
gk heran,karena tiociu itu letaknya di perbatasan guangdong ma fujian. masuk daerah guangdong..hehe

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)   

Kembali Ke Atas Go down
 

Panggilan Kekerabatan / Kinship (Hokkien)

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Chinese At Indonesia :: Education :: Chinese Corner-