Chinese At Indonesia


Please Register for unlimited access on this Forum
Silahkan registrasi untuk akses kedalam forum ini

Dirty words, Porn and racist is not allowed.
bahasa kasar, porno dan rasist tidak diperbolehkan


Regards,


Admin



grup untuk sesama warga chinese di Indonesia dimana pun berada demi membina persahabatan dan kekerabatan
 
IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Euthanasia terhadap pasien

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
tangerine

avatar

Jumlah posting : 345
Level Keaktifan : 585
Reputasi : 15
Join date : 02.06.11

PostSubyek: Euthanasia terhadap pasien   Sun Aug 07, 2011 12:51 am

Euthanasia adalah pemberian suntik mati bagi pasien untuk mencabut nyawanya melalui satu suntikan mematikan yang tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

Suntik Mati atau Euthanasia masih menjadi perdebatan apakah layak dan tepat untuk dilakukan atau tidak.

Indonesia, melalui KUHP pasal 344, 338, 340, 345, dan 359 melarang adanya euthanasia.

Kadang ada kondisi dimana seorang pasien sudah koma dalam waktu yang lama, dan hanya jantungnya saja yang masih berfungsi. Dalam bidang kedokteran, pasien tersebut masih dinyatakan hidup. Tapi kita semua mengetahui bahwa kecil sekali kemungkinan pasien yg koma untuk jangka waktu yg lama kemudian dapat sadar kembali.

Kadang ada pula kondisi dimana pasien menderita penyakit yang tidak akan dapat sembuh dan menjadi sangat menderita karena rasa sakit yang timbul, sehingga ingin segera mengakhiri pederitaannya.

Sisi positif euthanasia:
1. pasien dapat "beristirahat" dengan tenang dan tidak menderita
2. apabila keluarga pasien tergolong kurang mampu dan telah merelakan kepergian pasien tersebut, maka euthanasia merupakan jalan keluar yang cukup oke

Sisi negatif euthanasia:
1. melanggar HAM
2. tergolong sebagai "give up" action


Bagaimana pendapat anda mengenai euthanasia?
Kembali Ke Atas Go down
kemuls

avatar

Jumlah posting : 42
Level Keaktifan : 52
Reputasi : 3
Join date : 05.08.11
Age : 24

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Sun Aug 07, 2011 9:25 am

saya sebagai calon dokter katolik tentu saja gk setuju dgn euthanasia
pasti banyak denger kan yg namanya mujizat
ya gk ada yg mustahil bagi Tuhan
klo qta percaya, koma pun bisa sadar n sembuh total lo
secara medis, dinyatakan mati apabila batang otak udah gk berfungsi lagi
meskipun jantung berhenti tpi jika batang otak masih berfungsi, brarti masih hidup meskipun tinggal menghitung waktu
yah memang biaya pasti mahal bgt
prinsip dokter: menghargai pasien
jadi klo pasiennya sendiri yg minta euthanasia (dlm kasus kanker berat, misalnya..kan gk koma jadi bisa ngomong), dokter harus menghargai itu
tapi dalam sumpah dokter, harus menghargai kehidupan sejak saat dibuahi itu brarti kan gk boleh membiarkan kematian trjadi apalagi sengaja dibunuh
o ya
euthanasia ada 2 jenis
1. euthanasia sukarela: jika yg minta pasien sendiri (biasanya pasien udah menyerah krn scr medis udah gk mgkin sembuh atau krn usia lanjut)
2. euthanasia gk sukarela: jika yg minta keluarga pasien (pasien dlm kondisi koma biasanya..tpi kan blm tentu sesuai dgn keinginan pasien)
ada jenis euthanasia lain:
1. euthanasia aktif: sengaja dikasi perlakuan utk mempercepat kematian (misalnya dikasi obat ttt)--> jelas2 membunuh
2. euthanasia pasif: melepas semua bantuan kehidupan utk mempercepat kematian (misalnya alat2 bantu nafas, alat2 bantu jantung, obat2 dilepas atau dihentikan semua)--> bisa dianggap gk membunuh kan dia mati2 sendiri
sampai skrg euthanasia masih diperdebatkan scr internasional
Kembali Ke Atas Go down
Elissa Regina

avatar

Jumlah posting : 126
Level Keaktifan : 444
Reputasi : 15
Join date : 15.05.11
Age : 21

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Sun Aug 07, 2011 9:49 am

mnrt w si itu g blh . soal ny kn kmngkinan hdup msh ad , wlau cmn 0.0001% tp kn ntu msh ad kmngkinan dy slmat ,ntr kl d euthanasia kmngkinan slmat 0% jd kya menghapus hrapan org kl kyk gt
Kembali Ke Atas Go down
anisa

avatar

Jumlah posting : 265
Level Keaktifan : 388
Reputasi : 15
Join date : 17.05.11
Age : 23

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Sun Aug 07, 2011 1:51 pm

gue sih kurang setuju sama euthanasia, karena kita ga bisa melihat penyakit seseorang hanya dari sisi medis saja, masih banyak jalan alternatif lainnya. Menurut kepercayaan gue sih gaada yang ga mungkin, Tuhan memberi penyakit dan pasti sudah disediakan pula obatnya, dengan cara apapun. Ya kematian seseorang kan juga ga bisa ditentukan oleh tangan manusia.
Kembali Ke Atas Go down
BoYBoYJC

avatar

Jumlah posting : 959
Level Keaktifan : 2098
Reputasi : 88
Join date : 18.05.11
Age : 25

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Sun Aug 07, 2011 8:27 pm

secara agama,
gw ga setuju,
gw percaya mukjizat itu nyata.


secara logic,
gw setuju,
apalagi jika pasien sendiri yg minta dan telah di setujui sendiri oleh keluarga pasien..

*kesimpulan,,
*gw aja bingung akwakwka


@ kemuls
thank you for the info,
menambah wawasan saya :D

_________________
\" Tell me and I forget, teach me and I remember, involve me and I learn. \"
Kembali Ke Atas Go down
chin_chin

avatar

Jumlah posting : 230
Level Keaktifan : 740
Reputasi : 40
Join date : 15.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Sun Aug 07, 2011 9:30 pm

hMmm...

ngomongin soal jantung tetep bekerja..
ngomong2 bukan na semua it bekerja berdasarkan mesin yaqh??
apalagi rumah sakit sekarang...

maAp2 neh sm yg di atas yg Dokter..
setau w c..dokter skrg kan hanya mau dgn sesuatu yg bernama 'administrasi', adm na blm slsai pasien pasti ga bakal di nomor satukan..

kyk pengalaman ii w..
jelas2 udah meninggal..sempet ad hubungan sm yg religi di tanya gitu kan..
tp kata dokter na detak jantung na masih ada..padahal cuma maenan mesin tuh...

liat sikon jg kalee yaqh?? smile
Kembali Ke Atas Go down
tangerine

avatar

Jumlah posting : 345
Level Keaktifan : 585
Reputasi : 15
Join date : 02.06.11

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Sun Aug 07, 2011 11:04 pm

klo g, mungkin liat dari berbagai aspek dulu. seperti aspek ekonomi, aspek kondisi pasien, aspek pengharapan hidup pasien, dll.

klo pasien yg minta, why not? karena itu kebebasan dia apakah ingin mengakhiri hidupnya apa tidak.

klo keluarga pasien juga tergolong miskin, sudah minta bantuan sama LSM tp tidak dapat, lalu dokter juga tidak bisa menjamin apakah pasien akan bisa sadar atau tidak, why not?

dalam keadaan tersebut, setiap orang pasti selalu mengharapkan ada miracle. memang kadang miracle itu datang, dimana pasien sadar dari koma, tapi sayangnya miracle ga selalu datang ke semua orang.



@ kemuls
wah calon dokter nih.. thx atas enlightenmentnya dan infonya..


@ chin2
itu kan akal2an RS buat ngeruk duid. tp ga semua RS begitu sih.
Kembali Ke Atas Go down
kemuls

avatar

Jumlah posting : 42
Level Keaktifan : 52
Reputasi : 3
Join date : 05.08.11
Age : 24

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Sun Aug 07, 2011 11:30 pm

aduh bingung mau bls utk spa
ya intinya dokter jaman skrg itu mental nya udah gk bener
krn kuliah kdokteran itu mahal jadi pas lulus yg ada di pikirannya cuma gmana caranya ngembaliin "modal"
jadinya money oriented
pdhl jadi dokter itu amal..klo mau kaya jgn jadi dokter (bgtu kata dosen saya)
masalah administrasi itu kebijakan rmh sakt..doktr yg krja di situ trpaksa nurut klo gk ya dipecat (bukti lain klo mentalnya money oriented)
mesin jantung hanya menambah kekuatan jantung..klo jantung udah brenti ya brenti
buat yg udh bilang thx: sama2 ^^
Kembali Ke Atas Go down
stellaelieka

avatar

Jumlah posting : 236
Level Keaktifan : 422
Reputasi : 10
Join date : 15.05.11
Age : 25

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Tue Aug 09, 2011 12:35 pm

klo mnurut g ini ma trgantung tujuan na ap..klo emg buat kbaikan ya silakan lakukan euthanasia..
tp klo buat hal yg buruk tentu g ga stuju~:p
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Tue Aug 09, 2011 6:49 pm

ok2 aja,hidup segan mati tak mau itu lebih menderita dari mati

_________________
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Sun Aug 28, 2011 10:15 pm

kalau menurut gw sih.. dilihat dari sudut banyak org yaa, manusia gk berhak mengakhiri nyawa manusia lain.. tapi kalo utk kasus yg satu ini.. kembali ke naluri masing2.. mungkin gw baru bisa jawab pertanyaan ini kalau gw bener2 berada di posisi itu..ckck

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
BoYBoYJC

avatar

Jumlah posting : 959
Level Keaktifan : 2098
Reputasi : 88
Join date : 18.05.11
Age : 25

PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   Wed Sep 14, 2011 12:45 pm

"pas lulus yg ada di pikirannya cuma gmana caranya ngembaliin "modal"

huhuhu quote ini agak gmna gitu >.<
saya punya cc lg ambil kedokteran huhuhu..
jadi ga enak loh >.<

_________________
\" Tell me and I forget, teach me and I remember, involve me and I learn. \"
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Euthanasia terhadap pasien   

Kembali Ke Atas Go down
 

Euthanasia terhadap pasien

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Chinese At Indonesia :: Lounge :: Discussion's room-