Chinese At Indonesia


Please Register for unlimited access on this Forum
Silahkan registrasi untuk akses kedalam forum ini

Dirty words, Porn and racist is not allowed.
bahasa kasar, porno dan rasist tidak diperbolehkan


Regards,


Admin



grup untuk sesama warga chinese di Indonesia dimana pun berada demi membina persahabatan dan kekerabatan
 
IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Kampung Inggris

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Kampung Inggris   Sun Aug 14, 2011 7:42 pm

“Hello guys, how’s life?”… “Everything is running good. And you?”… “Fine.”

Itulah sepenggal percakapan yang terjadi antara seorang remaja dan teman-temannya. Mereka bercakap di sebuah warung sederhana di Desa Tulungrejo, Kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Jangan heran, jika di sana banyak orang berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

Desa Tulungrejo dan Singgahan, memang dikenal sebagai Kampung Inggris. Ketika mendengar kata “Kampung Inggris”, kamu akan berpikir itu adalah sebuah desa di mana tinggal orang-orang bule yang selalu berbahasa Inggris. Eits, jangan salah! Tak hanya remaja, pemilik warung hingga para pedagang di sana juga mampu berbahasa Inggris.

Ternyata, Kampung Inggris hanya julukan buat kedua desa itu. Warga yang tinggal di sana adalah asli orang Indonesia. Jadi, bukannya kampung tempat tinggal orang-orang bule. Di desa itu banyak penduduk setempat baik orang tua maupun muda berkomunikasi dengan bahasa Inggris.


sepeda adalah transportasi umum - kampung inggris pare

Semuanya diungkapkan dengan bahasa Inggris. Tentu saja, tak semua warganya lancar berbahasa Inggris. Maklum, ada sebagian dari mereka baru belajar. Selain kosakatanya masih minim, pengucapannya juga terkesan berantakan. Namun, semangat mereka untuk bisa berbahasa internasional itu luar biasa. Itu pula sebabnya dua desa itu dijuluki “Kampung Inggris”.


Sejarah Kampung Inggris

Bagaimana ceritanya sebuah perkampungan kecil ini menjadi pusat pembelajaran bahasa Inggris terbesar di Indonesia? Pada tahun 1971 Pak Kalend belajar di Pondok Pesantren Modern Darusssalam, Gontor, Ponorogo. Di Gontor Kalend tidak sampai lulus hanya mengenyam pendidikan hingga kelas lima Kuliatul Muallimin Al Islamiyah (setara kelas dua SMA). Padahal saat itu usia Pak Kalend sekitar 31 tahun.

Sekitar tahun 1976, Pak Kalend datang ke Dusun Singgahan untuk belajar berguru kepada KH. Ahmad Yazid, tokoh agama setempat sekaligus pengasuh masjid dan Pondok Darul Falah. Kiai Yazid juga dikenal menguasai sembilan bahasa asing selain pengetahuan agama yang luas.

Sebenarnya Pak Kalend tidak sengaja memulai mengajar bahasa inggris. Saat itu ada dua mahasiswa semester akhir IAIN Sunan Ampel, Surabaya yang datang ke Pare untuk berguru bahasa inggris kepada Kiai Yazid. Kedua mahasiswa itu akan menjalani ujian akhir bahasa Inggris di kampusnya untuk mendapatkan gelar sarjana. Namun saat itu Kiai Yazid sedang keluar daerah, padahal ujian akhir tinggal lima hari lagi.

Akhirnya istri Kiai Yazid menyarankan mahasiswa tersebut untuk belajar bahasa Inggris kepada Pak Kalend. Pak Kalend pun memberanikan diri untuk mengajar dua mahasiswa itu, walau dia belum pernah mengenyam bangku kuliah. Akhirnya keduanya belajar bahasa Inggris bersama Kalend di Masjid Darul Falah selama lima hari untuk membahas 350 soal yang menjadi acuan untuk ujian bahasa Inggris dua mahasiswa itu.

Berbekal pelajaran dari Pak Kalend, kedua mahasiswa itu lulus dan menyandang gelar sarjana. Setelah ujian di IAIN Sunan Ampel Surabaya, kedua mahasiswa tersebut kembali berguru kepada Pak Kalend. Kisah sukses kedua mahasiswa itu lantas menyebar dari mulut ke mulut. Sejak saat itu banyak santri yang berguru kepada Pak Kalend. Akhirnya Pak Kalend mendirikan lembaga kursus yang diberi nama BEC, yang pada awalnya juga masih di serambi masjid. Pesertanya pun hanya remaja sekitar dan tanpa biaya.


Pak Kalend

Setelah BEC berdiri dan masyarakat luas mengetahui kampung inggris, bermunculan lembaga kursus lainnya yang berdampak positif bagi masyarakat sekitarnya. Secara tidak langsung, penduduk sekitar sangat merasakan manfaat dari sisi ekonomi. Awalnya penduduk sekitar bermata pencaharian sebagai petani, sekarang penduduk dapat membuka usaha lain seperti rumah kos, warung, warnet, toko, counter handphone, fotokopi dan sebagainya.
Selain dari segi ekonomi dampak positif lainnya adalah tingkat pendidikan masyarakat makin tinggi, pengetahuan bahasa masyarakat secara tidak langsung juga bertambah.


Lulusan Berkualitas

Begitulah perjuangan Pak Kallen yang pantang menyerah hingga mengantarkan BEC menjadi terkenal. Bahkan, lulusannya pun diakui kualitasnya. Hal inilah yang mengundang banyak pendatang dari seluruh Indonesia untuk belajar bahasa Inggris di sana. Sampai tidak ada tempat lagi di BEC untuk menampung para calon muridnya.

Nah, dari sinilah mulai bermunculan beberapa lembaga kursus baru untuk memenuhi permintaan yang semakin meningkat. Beberapa lulusan BEC tetap mengajar di sana dan sebagian lagi mendirikan lembaga kursus sendiri. Lembaga kursus yang didirikan pun semakin bervariasi, dari segi waktu, spesialisasi program, metode, serta harga.

Namun, tidak semua lulusan BEC memilih untuk mengajar dan mendirikan lembaga kursus sendiri. Ada juga yang buka warung, jualan bakso, soto, membuka tempat fotokopi, dan lainnya. Mereka semua bisa berbahasa Inggris. Itulah sebabnya, mengapa semua warga di sana bisa berbahasa Inggris.


Murah dan Cepat Bisa

Sejumlah program yang ditawarkan juga beragam. Ada Grammar, Conversation, TOEFL, Pronunciation, dan sebagainya. Metode serta biayanya pun terjangkau tergantung program dan lamanya belajar. Untuk jadwal belajar, sehari bisa tiga hingga lima kali selama sebulan. Biayanya sekitar Rp150 ribu—Rp200 ribu.


salah satu Kos full english - kampung inggris pare

Mengingat kebanyakan yang datang dari luar daerah, disediakan pula sarana penginapan atau kos. Untuk tarif kursus dan kos, sekitar Rp400 ribu—Rp500 ribu per bulan. Biaya itu belum termasuk makan. Karena, biaya makan di sana relatif murah, berkisar antara Rp3 ribu –Rp5 ribu. Selama berada di desa itu pun diwajibkan berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris. Dalam 3 bulan, dijamin sudah lancar berbahasa Inggris. Itulah alasannya banyak orang dari seluruh wilayah Indonesia beramai-ramai menuntut ilmu bahasa Inggris di Kecamatan Pare. Tertarik mencoba?

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
Elissa Regina

avatar

Jumlah posting : 126
Level Keaktifan : 444
Reputasi : 15
Join date : 15.05.11
Age : 22

PostSubyek: Re: Kampung Inggris   Mon Aug 15, 2011 9:14 am

kl gt mw bljr b.ing ga usa repot2 k inggris to singapur dong y , mndg k sna bwt bljr inggris . .
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Kampung Inggris   Sun Aug 28, 2011 10:18 pm

hehe,iya Sa,tar inggrisnya jadi logat jawa timur :D tapi upayanya uda bgs tuh

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
BoYBoYJC

avatar

Jumlah posting : 959
Level Keaktifan : 2098
Reputasi : 88
Join date : 18.05.11
Age : 25

PostSubyek: Re: Kampung Inggris   Wed Sep 14, 2011 12:54 pm

JGN BELAJAR INGGRIS DI SG ==a


di sana grammar nya berantakan abis
*umum nya,

kalo emg yg berpendidikan ya beda,
tp kalo rata2 anak sekolahan kacau abis ==a


itu grammar nya mandarin di translate 1 per 1 kata langsung ke vocab inggris,
ngaco total >.<

_________________
\" Tell me and I forget, teach me and I remember, involve me and I learn. \"
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Kampung Inggris   Sun Sep 18, 2011 12:26 pm

bener tuh kata si boyboy..
kalo di sg,inggrisnya kyk pake grammar mandarin/melayu..haha

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
BoYBoYJC

avatar

Jumlah posting : 959
Level Keaktifan : 2098
Reputasi : 88
Join date : 18.05.11
Age : 25

PostSubyek: Re: Kampung Inggris   Tue Sep 20, 2011 5:12 pm

mandarin sih tepat nya,,

I came from somwhere around that place x_x

_________________
\" Tell me and I forget, teach me and I remember, involve me and I learn. \"
Kembali Ke Atas Go down
nyus nani

avatar

Jumlah posting : 2
Level Keaktifan : 2
Reputasi : 0
Join date : 16.07.11

PostSubyek: Re: Kampung Inggris   Thu Nov 17, 2011 9:44 am

wow... kampung inggris masuk sini ya
Kembali Ke Atas Go down
Yulietta

avatar

Jumlah posting : 72
Level Keaktifan : 78
Reputasi : 0
Join date : 15.06.11
Age : 26

PostSubyek: Re: Kampung Inggris   Thu Nov 24, 2011 8:49 pm

waaa.. aku dari kediri tp g taw ada beginian.. wkwkwk..
deket rumah ni.. Cool
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Kampung Inggris   Sun Nov 27, 2011 11:39 pm

beneran deket rumah?
kalo ada kesana kasih komen buat kita2 ye,,hehe

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
Yulietta

avatar

Jumlah posting : 72
Level Keaktifan : 78
Reputasi : 0
Join date : 15.06.11
Age : 26

PostSubyek: Re: Kampung Inggris   Sat Dec 03, 2011 11:43 am

hahaha.. skr ud jrg pul.. skalinya pul cm 3 hari an, itupun sambil bawa tugas..
jd jrg kluar".. wkwkwk..
bisa k sana pun g taw sapa yg isa diajak.. hahaha..
Kembali Ke Atas Go down
BojepJoe

avatar

Jumlah posting : 366
Level Keaktifan : 797
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 28

PostSubyek: Re: Kampung Inggris   Thu Dec 08, 2011 6:40 pm

Yulietta wrote:
hahaha.. skr ud jrg pul.. skalinya pul cm 3 hari an, itupun sambil bawa tugas..
jd jrg kluar".. wkwkwk..
bisa k sana pun g taw sapa yg isa diajak.. hahaha..

mahasiswi rajin sy doakan cum laud lulus 3 taun...
temen gue ada yg dari kediri juga 2 taun diatas km berarti... mungkin kenal..
kediri tuh itungannya kota gede ato kecil?

btw, itu kediri satu kota punya gudang garam ya? hehe
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Kampung Inggris   

Kembali Ke Atas Go down
 

Kampung Inggris

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Chinese At Indonesia :: Lounge :: Pengetahuan unik-