Chinese At Indonesia


Please Register for unlimited access on this Forum
Silahkan registrasi untuk akses kedalam forum ini

Dirty words, Porn and racist is not allowed.
bahasa kasar, porno dan rasist tidak diperbolehkan


Regards,


Admin



grup untuk sesama warga chinese di Indonesia dimana pun berada demi membina persahabatan dan kekerabatan
 
IndeksPendaftaranLogin

Share | 
 

 Legenda Perjodohan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Legenda Perjodohan   Sun May 22, 2011 11:37 am





Hampir setiap orang di dunia ini memiliki pasangan dan ada yang akhirnya menikah atau pun tidak walaupun sudah bersama dalam waktu lama. percayakah Anda bahwa sebuah pernikahan ditentukan oleh jodoh, ini ada salah satu legenda yang bisa menunjukkan hal tersebut.

Pada zaman Dinasti Tang (唐朝), ada seseorang laki-laki bernama Wei Gu (韋固). Suatu hari ia pergi ke wilayah Qing He (清河).

Pada malam harinya, ia melihat seorang laki-laki tua sedang membaca buku besar dan sangat tebal, membawa tas besar berisi banyak benang merah duduk di bawah sinar bulan.

Dengan penuh penasaran dia bertanya pada laki-laki tua itu, “Orang tua, bisa anda jelaskan buku apa yang anda baca ini?”

Laki-laki tua itu berkata, “buku ini berisi tentang perjodohan antara laki-laki dan perempuan di seluruh dunia.”

Wei menjadi lebih terkejut dan bertanya: "Lalu apa maksud benang merah di tas besar Anda ? "

Orang tua tersenyum dan berkata: "Benang merah ini digunakan untuk mengikat kaki 
setiap pasangan. Jika mereka yang diikat dengan benang merah, tidak peduli berapa lama waktu yang dibutuhkan, pada akhirnya mereka tetap akan menikah. "


Gu Wei tidak percaya, tapi dia masih penasaran tentang orang tua ini. Ketika 
dia ingin bertanya lagi, orang tua itu berdiri dan berjalan menuju 
pasar dengan membawa buku dan tas miliknya. Wei mengikutinya.

Ketika orang tua itu melihat seorang wanita buta yang membawa seorang gadis berumur tiga tahun di jalan, ia berkata kepada Wei: "Gadis muda ini akan menjadi istri Anda di masa depan." Kemudian orang tua itu lenyap.

Wei kaget dan marah, kemudian memerintahkan pelayannya untuk membunuh anak tersebut. Pelayan itu segera menjalankan perintah tuannya, kemudian melarikan diri.

Setelah 14 tahun berlalu, Wei mempunyai tunangan, putri dari Wang Tai 
(Gubernur Xiangzhou). Gadis itu sangat cantik dan baik hati, namun ada sedikit bekas luka di alisnya. Mereka akan segera melangsungkan ikatan perkawinan.


Suatu hari Wei bertanya kepada bapak mertuanya tentang bekas luka yang dimiliki istrinya.

Wang mengatakan putrinya ditikam seseorang, ketika dia dibawa oleh pengasuhnya di sebuah pasar. Karena segera menyelamatkan diri, ia tidak mengalami luka serius, hanya punya luka di alisnya.

Wei tegang dan bertanya: "apakah pengasuh itu buta?" Wang mengatakan: "ya, tapi bagaimana Anda bisa tahu itu? "Kemudian Wei memberitahu Wang, dia menceritakan tentang dirinya dan orang tua yang ditemuinya di Songcheng. Wang sangat terkejut akan hal ini.

Wei dan istrinya memahami perkawinan mereka telah diatur oleh ikatan perjodohan. Jadi mereka sangat menghargai pernikahan mereka dan hidup bahagia. 


Di China,cerita ini terkenal sebagai cerita/idiom 月下老人 (Yue Xia Lao Ren/Lelaki Tua di Bawah Cahaya Bulan) yang sebelumnya merupakan cerita tentang Dewa Perjodohan (婚姻的神仙) tapi ujung2nya dipakai oleh orang china modern sebagai sebuah peribahasa yang artinya "Lagi becanda ya?" seolah2 menggambarkan hal yang tak masuk akal. Dan sejak saat itu, para pengantar upacara perkawinan juga biasanya disebut sebagai "Laki-laki tua dibawah sinar bulan." smile


Quote :
“這些紅繩是用來系夫妻的腳的,不管男女雙方式仇人或距離很遠,我只要用這些紅繩繫在他們的腳上,他們就一定會和好,並且結成夫妻。"
Quote :
"Tali Merah ini digunakan untuk mengikat kaki pasangan,Tanpa peduli mereka adalah musuh atau terpisah berapa jauh. Hanya dengan memakai tali ini untuk mengikat kaki mereka, Mereka akan cocok dan jadi pasangan."

Ternyata org Chinese juga tak lepas dari tradisi "Jodoh tak lari kemana" hehe :)

_________________
Engineered For Freedom!


Terakhir diubah oleh des_jung tanggal Wed May 25, 2011 12:42 am, total 6 kali diubah
Kembali Ke Atas Go down
Mr.3D

avatar

Jumlah posting : 211
Level Keaktifan : 976
Reputasi : 21
Join date : 17.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Sun May 22, 2011 12:33 pm

kemudian org tua itu lenyappp!!! lenyap???? apakah kamu tahu dia saipa???? dia adalah INTEL!!!! hahahha ...

btw skrg ud ga kliatan tuh versi benang merah.... di perkawinan wa kira mitos teh itu yg dibhs hahahha.... benang merah keq di film sun gokong itu....

berarti kl ketemu org china diledekin yue xia lao ren...jgn seneng yeee hahha diledekin itu hahhaa

_________________


"Never bring a gun or sword to a class, the Lecturer will kill you as soon as possible!"

Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Sun May 22, 2011 1:25 pm

hahaha,kyk film boboho,benang merahnya diikatin sembarang,ujung2nya ada org yg nikah sama binatang,dll.haha

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
Elissa Regina

avatar

Jumlah posting : 126
Level Keaktifan : 444
Reputasi : 15
Join date : 15.05.11
Age : 22

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Sun May 22, 2011 1:31 pm

klo misalkan org yg g prnh ktmu jdoh ny ntu gmna dong? ato ga nikah tp bkn jdoh nya?
Kembali Ke Atas Go down
kwang

avatar

Jumlah posting : 277
Level Keaktifan : 1169
Reputasi : 18
Join date : 16.05.11
Age : 30

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Sun May 22, 2011 1:34 pm

Mr.3D wrote:
kemudian org tua itu lenyappp!!! lenyap???? apakah kamu tahu dia saipa???? dia adalah INTEL!!!! hahahha ...

btw skrg ud ga kliatan tuh versi benang merah.... di perkawinan wa kira mitos teh itu yg dibhs hahahha.... benang merah keq di film sun gokong itu....

berarti kl ketemu org china diledekin yue xia lao ren...jgn seneng yeee hahha diledekin itu hahhaa










argh parah banget lu.. ini uda bagus2 tulisan diatas .. malah dibuat jadi ilang konsen nya


hahahah

bagus bagus .ada lagu segala lagi :P
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Sun May 22, 2011 1:39 pm

@elissa ini sih cuman legenda aja,exist apa gk jg kt gk tau. tp kalo gk ketemu jodoh mgkn karena dewa nya kelupaan,haha

kalo misal di pernikahan chinese yg bener2 pake adat chinese biasanya ada tuh simbol benang merahnya.hehe

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
Elissa Regina

avatar

Jumlah posting : 126
Level Keaktifan : 444
Reputasi : 15
Join date : 15.05.11
Age : 22

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Sun May 22, 2011 1:42 pm

@des : ==a ksian amat dewa ny lupain . hahaa
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Tue May 24, 2011 4:51 pm

@elissa makanya bnyk2 berdoa.haha

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Wed Jun 22, 2011 10:09 pm

Mr.3D wrote:
kemudian org tua itu lenyappp!!! lenyap???? apakah kamu tahu dia saipa???? dia adalah INTEL!!!! hahahha ...

btw skrg ud ga kliatan tuh versi benang merah.... di perkawinan wa kira mitos teh itu yg dibhs hahahha.... benang merah keq di film sun gokong itu....

berarti kl ketemu org china diledekin yue xia lao ren...jgn seneng yeee hahha diledekin itu hahhaa

des_jung wrote:
hahaha,kyk film boboho,benang merahnya diikatin sembarang,ujung2nya ada org yg nikah sama binatang,dll.haha

ia baca cerita ini jadi ingat film boboho

Elissa Regina wrote:
klo misalkan org yg g prnh ktmu jdoh ny ntu gmna dong? ato ga nikah tp bkn jdoh nya?

berarti ga ada jodohnya

atau ga nikah tp bkn jdohnya??? maksudnya???
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Thu Jun 23, 2011 1:37 am

@jeff kalo boboho itu rada ngaco.wkwkwk

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
Elissa Regina

avatar

Jumlah posting : 126
Level Keaktifan : 444
Reputasi : 15
Join date : 15.05.11
Age : 22

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Thu Jun 23, 2011 12:21 pm

y jd nikah bkn sm jdoh ny @__@ kn org gtw dy nikah sm jdoh ny to bkn hwhwhw . .
Kembali Ke Atas Go down
jeff rizuki



Jumlah posting : 240
Level Keaktifan : 352
Reputasi : 0
Join date : 23.05.11
Age : 27

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Thu Jun 23, 2011 7:55 pm

des_jung wrote:
@jeff kalo boboho itu rada ngaco.wkwkwk



Elissa Regina wrote:
y jd nikah bkn sm jdoh ny @__@ kn org gtw dy nikah sm jdoh ny to bkn hwhwhw . .

ya ntar ketemu jodohnya tinggal cerai trus nikah sama jodohnya
Kembali Ke Atas Go down
des_jung

avatar

Jumlah posting : 838
Level Keaktifan : 2026
Reputasi : 34
Join date : 15.05.11

PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   Thu Jun 23, 2011 11:16 pm

sebenarnya kalo uda nikah itu harusnya uda jodoh. cuman pasangan nya aja yang gk kuat sama cobaan :)

_________________
Engineered For Freedom!
Kembali Ke Atas Go down
Sponsored content




PostSubyek: Re: Legenda Perjodohan   

Kembali Ke Atas Go down
 

Legenda Perjodohan

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Chinese At Indonesia :: Serious Talk :: Sejarah, Politik, Hukum, dan Kebudayaan-